Simpan » Ditulis oleh obinhut » 1.4.12 »
permalink

1.4.12
obinhut
75 comments

Mulai Dengan Tujuan Akhir...



Tidak sedikit orang merasakan kehidupannya hampa. Hari-hari dijalani sebagai rutinitas, kadang sebagai tugas untuk menyambung hidup. Akibatnya hidup seperti sebuah beban yang terpaksa dijalani, kemudian kita lari mencari hiburan-hiburan yang memberi kenikmatan sesaat, pada akhirnya kembali merasa terbebani dan kehilangan motivasi. Tujuan hidup, ini yang sering tidak kita pikirkan. Agar mengenali apa tujuan hidup yang sebenarnya kita inginkan, sehingga menumbuhkan motivasi yang kuat untuk berkembang, seorang Covey memiliki metode yang sistematis.
Pertama orang diajak untuk mengenali keinginan-keinginannya. Apa yang ingin kita miliki atau di anggap penting dalam kehidupan, baik itu material maupun yang abstrak. Setelah mengenali apa yang kita inginkan, langkah kedua adalah mengidentifikasi peran apa yang diinginkan bagi diri kita sendiri dan bagi masyrakat di sekitar kita. Kemudian langkah ketiga mengidentifikasi siapa saja orang-orang yang kita anggap sebagai pemimpin, mengapa mereka mempengaruhi kehidupan kita, serta karakter apa yang ingin kita tiru dari mereka. Langkah keempat adalah perumusan naskah misi kehidupan kita. Caranya dengan membayangkan apa yang akan kita wariskan setelah kita tiada. Seperti kata pepatah "gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama". Nama seperti apa yang akan kita tinggalkan, kenangan apa yang akan kita wariskan kepada orang-orang di sekitar kita. Kenangan buruk atau kenangan baik, terserah pada pilihan kita. Tujuan, atau misi, kehidupan yang jelas akan memberikan motivasi yang kuat untuk mencapainya. Naskah misi pribadi tidak perlu bersifat permanen. Apa yang dapat kita rumuskan sekarang sudah cukup untuk menjadi landasan untuk menuju masa depan. Secara berkala naskah misi ditinjau kembali, untuk menyempurnakan, untuk menyesuaikannya dengan kondisi pribadi serta hubungan-hubungannya dengan dunia luar. Prinsipnya adalah bahwa setiap orang memiliki kebebasan untuk menentukan tujuan hidupnya sendiri, dan bahwa kehidupan yang efektif senantiasa direncankan, tidak sekedar dijalani tanpa dipikirkan mau kemana akhirnya nanti.


Dikutip dari sebuah buku



Bagikan dan jangan lupa like this yo !

75 comments:

  1. benar- benar mantap sob sampai sy sendiri kadang bingung mau jadi apa sy ini, benarkh orang- orang menilaiq slh, bukan slma ini brusaha bk, bahkan kadang ku terfikir apakh takdirku tdk bisa di rubah lg, ko' malah curhat tp sangat menyentuh kawan sy suka artikelnya

    BalasHapus
  2. @Agusductank saya sendiri juga termasuk kategori bingung menentukan masa depan, yang jelas 2012 ini saya punya target yang jelas, harus dan akan dicapai. . .

    BalasHapus
  3. @Obat Sakit 2011 ah bapak, makanya ganti nama lagi, hehe. . . . Makasi pak kunjungannya.

    BalasHapus
  4. boleh tw g gemana cara ganti warna baground seperti blog ini,...

    BalasHapus
  5. Benar-benar yang menginspirasi sob.Dan yang masih bingung boleh membaca di sajian yang terbaru

    BalasHapus
  6. selamat tahun baru ya sob semoga tahun tahun sebelumnya jika mengalami sebuah masalah atau kegagalan, di tahun kedepannya sebagai injakan untuk memperbaiki masalah yang lalu dan menjadi manusia yang lebih baik :) maaf sob ane telat ngucapinnya kesobat :)

    BalasHapus
  7. nice share gan...
    Ditunggu kunjungan baliknya


    www.aldy.tk

    BalasHapus
  8. yang kelima , keenam ketujuh, mana kang?? hhhhe

    bagus,, nice share :D

    BalasHapus
  9. Ingat pada tujuan akhir sebagai langkah awal dalam memulai sesuatu mmg bisa cukup memotovasi...tapi kadang saya sendiri merasa 'stag'...jika sdh gitu diam sejenak, stabilkan emosi dulu dari galau.

    BalasHapus
  10. Mantaf sob motifasinya hehehe..

    Perumusan tujuan akhir agar kita semangat untuk mencapainya :)

    BalasHapus
  11. Dengan adanya tujuan hidup, maka hidup akan lebih berarti. Mari kita tinggalkan nama baik pada anak cucu kita sob.

    BalasHapus
  12. Nice share, kang! Dengan begitu kita gk bakalan bingung apa tujuan kita hidup di dunia ini! ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi saya termasuk yang masih bingung, karena tujuan masih belum tercapai. . . . .

      Hapus
  13. mantep postingannya gan..
    Dan emang benar nih .. Manusia mati emang meninggalkan nama ..
    Dan nama itu akan di kenang tergantung kelakuan kita di masa hidup hehe

    btw.. Blognya mantep kang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikelnya saya nyiplak pemikiran orang, he. . .
      Blog ini mantep, tengkyu. . . .

      Hapus
  14. share yang sangat baik mas...
    semangat terus ya.. :)

    BalasHapus
  15. nice info..jangan lupa follow my blog..

    http://galery-jatiasli.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. gini aja mas.. silahkan di jawab.. pilih mana..
    bahagia dulu baru sukses..
    atau
    sukses dulu baru bahagia
    ?!?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku, bahagia dan sukses itu dua2nya yang mana dulu tidak menjadi masalah, karena tujuan pilihan hidup masing2 itu beribu macam. Sukses gak sukses, hidup ini tetap berjalan seperti biasa, tergantung indvidu menyikapi dengan bahagia atau keluh kesah.. .

      Hapus
  17. berusaha dan berdo'a.....tinggal di aplikasikan...!

    BalasHapus
  18. p kabarnya kawan
    wah ku suka hasil photonya

    BalasHapus
  19. lagi galau yah.... Makanya pake emtri hehehehe

    BalasHapus
  20. perhatian!

    Virus Galau mudah menular pada siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

    BalasHapus
  21. Bener sih! Kita emang perlu motivasi untuk diri kita sendiri! Dan yang penting, bisa mikirin tujuan hidup kita, gitu! Nice post, Kawan!

    BalasHapus
  22. yang semangat... Blogku lagi sepi...

    BalasHapus
  23. berbagi kata-kata motivasi gan :D
    --Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
    --melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
    --orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
    --seharusnya dilakukan saat muda.

    salam kenal yah, ku tunggu kunjugan baliknya dah :)

    Reply

    BalasHapus
  24. salam kenal cuy, ijin nyimak yang lainnya, ku tunggu kunjungan baliknya yah :D

    BalasHapus
  25. jangan lama lama menggalaukan hatimu y bro......

    BalasHapus
  26. wahhh... critanya lagi galau nih... cepcepecp

    BalasHapus
  27. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    Tetaplah semangat memulai hal baru !
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  28. wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

    BalasHapus
  29. Nice :) ,
    lama tak berkunjung sob ..

    BalasHapus
  30. kok gakda post terkini bos, ngapain aja? Sempetin Folbek ya

    BalasHapus
  31. mantap.. mulai berpikir ke depan nih..

    BalasHapus
  32. manusia punya hak asasi. Berkunjung :) salam

    BalasHapus
  33. nah,,, mau jadi apa kita besok,,, dan seperti apa nama kita dikenang kelak,,,

    Ya,, itu semua tergantung bagaimana kita sekarang menjalani hidup,, apakah dijalan yang baik atau yg buruk ???

    BalasHapus
  34. kata2nya mengena dalam hati sob.. mantap..

    BalasHapus
  35. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sukses selalu.... terima kasih kunjungannya...

      Hapus
  36. mantap tulisannye.. carekan panjang lanjutkan..
    namemu udh q masukkaan... cek i http://www.meraihmimpi.org/daftar-blogger-biak-sambas.xhtml

    BalasHapus
  37. untuk semuanya terima kasih sudah berkunjung di tempat saya yang sederhana ini, saya selaku admin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

    BalasHapus
  38. Setuju, setiap orang memiliki kebebasn
    Datang lagi ke sini mas silaturahmi...........

    BalasHapus
  39. blog saya dickyrenaldy.blogspot.com sudah memasang link anda sudah lama malah. dulu sempat ada tapi sekarang kok tidak ada ya. bahkan tab tukar link tidak ada mohon tanggapan nya :)

    BalasHapus
  40. nice blog sob
    Download Film Bioskop Gratis hanya di http://kumpulanfilmfilm.blogspot.com

    BalasHapus
  41. Well you are saying good, i search it on other website and you explain it very well.

    BalasHapus
  42. Bermakna sekali artikelnya sob.
    kalo menurut saya, rasa hampa, jenuh,bahagia,emosi.
    Itu ada pada dasar sifat manusia.
    Tergantung cara kita mengatasinya.
    Salam blogger.

    BalasHapus
  43. wah, udah mulai ngerumusin tujuan hidup ini,,

    BalasHapus
  44. berbagi kata kata motivasi
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.

    salam kenal,sukses selalu dan saya tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  45. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    BalasHapus
  46. iya kak terkadang serasa nglambar kalau tak jelas tujuannya :)

    BalasHapus
  47. numpang promosi gan .........???
    jual REPEATER BOOSTER PENGUAT SINYAL HANDPHONE GSM / CDMA / 3G SINGLE BAND ATAU DUALBAND.
    Produk ini cocok untuk ditempatkan dalam konferensi Hall, Hotel, pertambangan, hutan, pengeboran Gedung dan di dalam ruangan yang berada pada titik yang
    tidak dapat dijangkau oleh amplifikasi sinyal
    Apa itu Repeater :
    1. Memperluas area jangkauan sinyal BTS
    2. Meningkatkan jangkauan area sinyal ponsel dalam pengiriman & penerimaan
    3. Mengurangi radiasi telepon selular pada manusia
    4. Memperpanjang waktu siaga dan umur baterai
    5. Instalasi yang ringan, mudah, dan fleksibel
    6. Transisi sinyal di dalam ruangan kecil sehingga tidak mengganggu sensitifitas BTS penerima.
    Info Lengkap :
    Hubungi
    ARDY gsm
    Hp : 085 224 873 514
    EKA PANDU
    Hp.087717983031
    YM : ARDYGSM / ardygsm1 / pandueka
    Email : ardygsm@yahoo.co.id / ardygsm1@yahoo.co.id /sales@penguatsinyal.net/ pandueka@yahoo.com
    twitter :@penguatsinyal
    fb :https://www.facebook.com/penguat.sinyal.5 / https://www.facebook.com/pages/Penguatsinyal-handphone/326926294044715?id=326926294044715&sk=app_149696141763776


    http://feeds.feedburner.com/PenguatSinyalGsmCdma3g

    http://www.penguatsinyal.net/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

    BalasHapus
Jadilah Pembaca yang
1. Menanggapi secara sopan dan berkaitan dengan isi artikel
2. Sama dengan ayat pasal 1 ayat 1.
3. Tidak punya blog ? Gunakan anonymous untuk berkomentar.
4. Komentar yang kurang berkenan bagi admin akan segera di hapus.

 
Blog SE W200i by Blogger and Max-width build 0.02 Mobile Template